9 Makanan yang Merusak Diet

Saat ingin mendapatkan berat badan yang ideal, salah satu cara yang perlu dilakukan adalah mengatur pola makan alias diet. Namun pilihan makanan yang dianggap sehat dalam menu diet terkadang tidak sesehat yang kita anggap.
Makanan  yang dianggap sehat seringkali mengandung bahan-bahan lain yang tinggi kalori atau gula, sehingga menjadi biang kerok rusaknya diet yang dilakukan. Makanan apa sajakah itu?

1. Makanan bebas gluten
Diet bebas gluten kini menjadi pilihan banyak orang untuk menurunkan berat badan. Namun sebenarnya diet ini justru akan berdampak sebaliknya. Menurut Karen Ansel, pakar diet tersertifikasi dari Amerika, mengatakan, gluten memberikan tekstur dan rasa pada makanan.

"Khususnya untuk produk-produk olahan, ketika gluten dari makanan dihilangkan, maka sebagai gantinya, akan ada pati, lemak, dan gula yang ditambahkan. Maka lebih baik pilih makanan-makanan utuh," ujarnya.

2. Minyak kelapa
Belum jelas apakah minyak kelapa bisa membakar lemak dan memiliki manfaat sebanyak minyak zaitun. Namun yang jelas, minyak kelapa mengandung banyak lemak jenuh.

3. Yogurt
Meski dianggap sehat, namun yogurt seringkali mengandung banyak pemanis buatan, gula, atau fruktosa. Fruktosa terasa manis di lidah, namun tidak membantu memberikan sinyal "kenyang" pada otak. Sehingga dengan mengonsumsi fruktosa, meskipun porsi menis yang dimakan sudah cukup, namun tubuh akan terus ingin makan.

JJ Virgin, pakar nutrisi dan fitnes, mengatakan, fruktosa juga akan menuju langsung ke hati untuk membuat lemak. Karena itu, pastikan yogurt yang dipilih adalah yang bebas gula.

4. Sushi
Ikan segar pada sushi memang sehat, namun tidak terasa nasi yang dimakan dari sushi akan lebih banyak daripada ketika diletakkan di piring. Belum lagi, penambahan mayones sebagai olesan beberapa "teman" makan sushi, seperti tempura.

5. Smoothies
Smoothies di kebanyakan restoran tidak hanya kaya kalori, tetapi juga mengandung sedikit serat. Sebagai gantinya, smoothies bisa dibuat sendiri di rumah dengan susu, bubuk protein, biji chia, dan sayuran, untuk membuatnya lebih sehat.

6. Buah kering
Meski sehat, namun sangat mudah untuk mengonsumsi buah kering berlebihan. Ini karena buah kering minim air, protein, dan lemak. Padahal kandungan gulanya cukup tinggi, sehingga saat mengonsumsinya berlebihan tentu akan memberikan dampak pada tubuh.

7. Salad
Salad memang menyehatkan karena terdiri dari sayur-sayuran, kacang, dan buah. Namun dressing atau saus yang digunakan seringkali merusak sehatnya makanan ini. Maka daripada menggunakan mayones sebagai dressing salad, cuka, minyak zaitun, atau air perasan lemon bisa jadi pilihan yang lebih sehat.

8. Sandwich
Sandwich atau roti isi mungkin merupakan makanan praktis dan sehat, namun roti yang digunakan juga perlu diperhatikan. Roti putih merupakan jenis karbohidrat simpleks yang cepat meningkatkan gula darah. Karena itu, menggantinya dengan roti gandum utuh merupakan pilihan yang lebih bijak.

9. Jagung
Jagung memang makanan yang tinggi serat, namun jagung bukan termasuk sayuran, melainkan biji-bijian yang mengandung banyak kalori. Konsumsi jagung berlebihan sebagai camilan akan menambah dengan cepat asupan kalori harian.

sumber : foxnews

Referensi : Langsing dengan diet madu.