Pahami ciri ciri fisik pertanda kekurangan gizi

Kekurangan zat gizi tertentu atau menderita penyakit tertentu sebenarnya bisa dideteksi dari luar. Tubuh kita memberi tanda-tanda yang sepertinya begitu penting buat diri kita. Seperti misalnya, garis putih di kuku adalah pertanda kekurangan mineral.

Warna merah muda atau putih di kelopak mata bawah

“Meskipun dalam kedokteran modern diperlukan tes kesehatan untuk menentukan kadar zat besi di tubuh kita, dalam Ayurveda, adanya masalah dalam penyerapan zat besi bisa diindikasikan dari warna putih atau merah muda pada kelopak mata bawah. Itu juga bisa sebuah tanda bawah Anda berada di garis batas anemia,” kata praktisi Ayurveda, Das Mahatyagi. 
  • Mengatasinya... Mengonsumsi wortel, bayam, bit dalam bentuk jus, diparut, atau dikukus selama 41 hari. Jeruk mandarin dan kedelai juga bisa membantu meningkatkan zat besi dalam darah. Jangan lupa juga makan daging bebas lemak sebagai sumber zat besi penting.
Ketombe
Ketombe adalah pertanda adanya jamur di kulit kepala. Bisa juga tanda kekurangan asam lemak esensial, vitamin B6, dan atau kekurangan selenium.
  • Mengatasinya...Dalam buku You Are What You Eat, ahli naturopati dan ahli gizi Dr Gillian McKeith merekomendasikan untuk mengurangi makanan manis.
Infeksi jamur
Infeksi jamur berarti tumbuhnya jamur Candida atau adanya ketidakseimbangan flora di usus.
  • Mengatasinya... Janella Purcell, ahli naturopati, herbal, dan gizi serta penulis buku Elixir merekomendasikan bakteri baik jenis acidophilus. Ia juga menganjurkan herbal penambah kekebalan bernama echinacea untuk mengatasinya.
Garis putih di kuku
Semasa kecil segaris putih di kuku selalu dipercaya sebagai pertanda kita sedang memiliki musuh. Sejatinya, garis putih di kuku ini adalah pertanda kekurangan zinc. “Garis putih di kuku ini pertanda kadar zinc sangat rendah dan perlu diperbaiki segera,” kata McKeith.
  • Mengatasinya... Anda bisa makan camilan kuaci bunga matahari atau kuaci labu.
Garis gelap di bawah mata
Ini adalah pertanda kelelahan adrenalin dan ginjal.
  • Mengatasinya... “Istirahat adalah yang terbaik untuk mengatasinya. Meditasi juga bisa membantu mengatasinya. Herbal berupa Siberian ginseng juga bisa memberi nutrisi kelenjar adrenalin dan ginjal,” kata Purcell.
Pembuluh darah tampak di pipi
Pembuluh darah yang terlihat di pipi ini pertanda rendahnya kadar asam lambung. Bisa juga pertanda kekurangan enzim pencernaan.
  • Mengatasinya... “Untuk mengatasinya, makanlah lebih banyak biji-bijian, sayur, dan buah mentah. Satu sendok teh cuka apel yang dikonsumsi sebelum makan juga bisa membantu,” kata KcKeith.
Wajah kemerahan
Ini adalah pertanda panas di dalam tubuh.
  • Mengatasinya... Kurangi makanan yang bersifat panas seperti alkohol, kopi, daging merah, tepung refinasi, gula, rokok, dan stres. Begitu kata Purcell.
Pecah-pecah di belakang telinga
Ini juga pertanda kekurangan zinc.
  • Mengatasinya... Anda bisa makan camilan kuaci bunga matahari atau kuaci labu.
Kulit kurang elastis
Coba Anda cubit kulit sendiri. Jika kulit kembali ke bentuk semula, itu pertanda kulit cukup elastis. Jika kembali ke semula butuh beberapa waktu detik, itu pertanda tubuh kekurangan gizi dan kurang cairan.
  • Mengatasinya... Konsumsilah makanan yang kaya vitamin C seperti buah jambu biji, stroberi, pepaya, dan buah kiwi. Jangan lupa minum air putih minimal delapan gelas sehari.
 Referensi : Mau tampil cantik alami ?